Solusi Cerdas Selamatkan Lingkungan Dari Sampah Plastik

Solusi Cerdas Selamatkan Lingkungan Dari Sampah Plastik

Sampah plastik memang menjadi salah satu jenis sampah yang paling dekat dengan masyarakat, hampir setiap kegiatan setidaknya menggunakan plastik. Hal ini akhirnya menyebabkan tingginya angka plastik dikarenakan plastik bersifat sekali pakai kemudian dibuang.

Sudah banyak cara yang dilakukan untuk mendaur ulang plastik, seperti menjadikan plastik kerajinan tangan seperti tas, tempat pensil, tirai pintu, dan lainnya.

Saat ini plastik yang tidak bisa dibuat beberapa kerajinan tadi bisa didaur ulang menjadi Ecobriks yang merupakan botol plastik yang berisi sampah plastik yang sudah dibersihkan dan kemudian dipadatkan untuk nantinya mendapat bata bangunan yang bisa dipakai secara terus menerus.

Ecobricks ini dianggap solusi yang baik dikarenakan sistem daur ulang plastik yang menggunakan terlalu banyak energi dan memerlukan orang bekerja pada lingkungan yang beracun. Ecobricks hadir sebagai solusi dengan energi yang rendah dan bisa memanfaatkan sampah plastik menjadi lebih berguna.

Untuk membuat Ecobricks sendiri diperlukan bahan dan alat yaitu botol plastik, sampah plastik halus, sampah plastik kasar, minyak tanah, gunting, dan bambu.

Dengan cara pembuatan sebagai berikut ini :

  1. Cucilah terlebih dahulu sampah plastik yang sudah dikumpulkan dan kemudian dikeringkan
  2. Sampah plastik yang sudah kering dari plastik halus kemudian dipotong dengan ukuran kecil menggunakan gunting
  3. Masukkan plastik yang sudah digunting ke dalam botol plastik
  4. Lakukan hal yang sama untuk plastik kasar sampai botol padat dan terisi penuh.

Bata plastik ini akan cukup kuat jika dijadikan tempat duduk, dinding, dan pondasi bangunan. Dengan adanya Ecobricks ini diharapkan bisa menjadi solusi dari sampah plastik yang semakin harinya semakin meningkat jumlahnya.

Ide Ecobricks sendiri digagas oleh Russel Maier yang merupakan bule asal negara Kanada. Semoga dengan adanya ide yang bagus seperti ini kita jadi lebih peduli kepada sampah plastik dan lebih menjaga lingkungan.

Dengan berkurangnya sampah plastik tentu sama saja dengan menjaga lingkungan sekitar dari sampah yang sulit terurai.