3 Fakta Mengenai Pembalut yang Cukup Miris

Salah satu sampah yang juga jumlahnya bisa dibilang tidak sedikit adalah pembalut wanita. Ya sampai ini merupakan sampah yang bisa dibilang cukup lumayan banyak jumlahnya.

Jelas memang sangat banyak karena setiap wanita biasanya dalam 1 bulan terjadi yang namanya mens. Dan itu biasanya juga terjadi dalam seminggu. Dalam seminggu itu ia harus berkali – kali menggunakan yang namanya pembalut.

Di sini kita akan tuliskan beberapa fakta menarik mengenai sampah pembalut yang sebenarnya sangat memprihatinkan.

  1. Mengandung plastik yang susah terurai

Perlu kamu ketahui bahwa pembalut itu tidak hanya terbuat dari bahan kapas saja tapi juga terbuat dari bahan plastik.

Biasanya plastik yang digunakan pada pembalut itu difungsikan untuk merekatkan pembalut pada celana dalam. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa hampir 90% bahan dasar pembalut adalah plastik. Menurutnya 1 pack pembalut setara dengan 4 kantong plastik.

  1. Limbah dari pembalut mengotori pantai dan laut.

Apakah kamu memiliki kebiasaan membuang pembalut lewat kloset? Jika iya sebaiknya hentikan, karena tindakan tersebut malah akan membuat tersumbatnya selokan.

Dan jelas yang lebih parahnya lagi banyak sekali pembalut yang berakhir ke laut dan juga mengotori pantai. Jelas ini bisa merusak yang namanya ekosistem laut dan membahayakan hewan yang hidup di sana.

Penelitian yang pernah meneliti hal ini mengatakan bahwa ada sekitar 4 – 5 pembalut yang ditemukan per 100 meter yang ada di pantai. Mendengar hal ini miris bukan?

  1. Berapa pembalut yang dihasilkan perorangnya ?

Oke di sini kita akan coba hitung apabila tiap wanita harus mengganti pembalut 4 jam sekali, maka dalam sehari ia membutuhkan 6 pembalut.

Bagaimana dengan 1 minggu? Itu hanya baru 1 orang saja. Bayangkan wanita di Indonesia yang jumlahnya berjuta – juta itu berapa banyak pembalut yang mereka hasilkan perbulannya? Jelas sangat banyak sekali.

Untuk itu kita harus aware terhadap yang namanya sampah ini. Minimal kita tidak membuangnya sembarangan agar tidak merusak yang namanya lingkungan.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai pembalut yang bisa dibilang cukup miris. Sebagai manusia yang peduli akan lingkungan kita seharusnya lebih memperhatikan lagi agar bekas pembalut yang telah digunakan tidak dibuang sembarangan